7 cara membangun reputasi perusahaan hosting

Adakah strategi khusus untuk membangun reputasi perusahaan hosting, utamanya ketika mereka menjalankan bisnisnya di Indonesia? Disini admin tak akan memberikan nasehat atau ceramah mengenai bagaimana cara membangun reputasi perusahaan hosting.

Namun titik tekan yang disampaikan adalah dengan menganalisis perusahaan hosting yang sudah sukses dan terbukti menggurita kekuatannya di seluruh dunia. 7 hal berikut biasanya ditemukan pada perusahaan hosting dengan reputasi mengagumkan :

1. Merancang strategi yang sangat sulit ditiru oleh kompetitor. Perusahaan hosting kelas dunia punya gambaran yang jelas mengenai arah dan tujuan pasti mengapa mereka mendirikan perusahaan hosting. Fokus pada tujuan dengan mengoptimalkan semua seumber daya yang dimiliki.

Terkadang strategi yang mereka rancang membuat kompetiror kebingungan dan membuat pesaing tak tahu harus melakukan tindakan apa untuk menghadapi kejeniusan strategi yang dimiliki.

2. Konsisten dengan brand yang dimiliki. Mereka memahami bahwa pelanggan akan bertindak dengan brand atau nama besar, sehingga semua cara akan dilakukan secara konsisten untuk membesarkan brand yang dimilikinya. Perusahaan hosting besar punya rencana yang jelas dalam mempertahankan merk dan memastikan semua calon pelanggan punya ikatan yang kuat dengan brand tersebut di jangka panjang.

Beda lagi dengan perusahaan hosting yang mudah rontok, mereka hanya membuat sensasi lalu tenggelam dan terkubur dikemudian hari. Faktanya , banyak perusahaan hosting mampu mendapatkan respon yang baik di awal pendirian, tetapi kemudian ditinggalkan oleh pelanggan karena performanya yang berubah ubah dan semakin tak punya arah.

3. Untuk membangun reputasi yang bagus, perusahaan hosting hanya akan merekrut tenaga tenaga berkualitas sebagai staf atau pegawai mereka. Mereka membuka kesempatan karir pada semua orang, namun hanya pribadi yang punya komitmen dan kemampuan bagus saja yang akan diterima. Seleksi penerimaan juga ketat, ada serangkaian tes yang harus dilalui oleh pelamar sebelum posisi yang mereka inginkan berhasil ditempatinya.

Jadi staff atau pegawainya tak asal comot, mereka yang bekerja pada perusahaan hosting dengan reputasi baik punya kapabilitas yang sesuai sehingga ketika mereka melayani pelanggan maka bisa memberikan jawaban yang tepat, bukan jawaban otomatis yang tidak nyambung dengan topik pertanyaan yang diajukan. Ketika ada masalah, maka tim pakar akan bergerak untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh semua kliennnya.

4. Reputasi ditentukan oleh kedekatan mereka dengan pelanggan. Suasana kehangatan , kekeluargaan dan penuh persahabatan bisa dirasakan saat seorang calon pelanggan berkonsultasi dengan mereka. Atau datang langsung ke kantor perusahaan untuk menyampaikan suatu rencana yang ingin dilakukan bersama mereka.

Meskipun anda hanya bertanya, perusahaan hosting dengan reputasi baik akan tetap meluangkan waktu dan melayani anda sebaik pelayanan yang diberikan pada mereka yang akan membeli paket web hosting. Mungkin anda pernah merasakan tidak mendapatkan respon yang baik ketika anda hanya bertanya tanya atau anda mendapatkan jawaban otomatis dengan kata kata “silahkan kunjungi…. atau coba anda buka ini…. dan sejenisnya”.

5. Perusahaan hosting membangun reputasi dengan lebih banyak mendengar daripada bicara. Mereka ingin mendengar apa saja keinginan dan kebutuhan yang dimiliki oleh calon pengguna. Bukan sekedar mendengar, namun proses me ndengarkan yang berkualitas, tulus dan dilakukan secara profesional. Sebab mereka paham bahwa saat mereka pura pura baik ketika mendengarkan maka calon klien akan tahu meskipun mereka tak melihatnya.

Kepura puraan selalu dihindari, karena mereka paham bahwa pengguna adalah penentu reputasi perusahaan hosting dimasa depan. Kesetiaan klien-lah yang membuat perusahaan hosting jadi lebih besar, mendunia, dan menempatkannya sebagai perusahaan yang diperhitungkan oleh semua orang. Tanpa adanya pengakuan jujur dari konsumen maka perusahaan hosting biasanya mengalami kehancuran secara perlahan.

6. Semua bagian bekerja dengan tujuan yang sama. Sistem penanganan yang berlaku pada perusahaan hosting berkualitas mengacu pada satu tujuan yang sama, tiap bagian bekerja secara total dengan kerja sama yang mengagumkan. Kerja tim dengan keunggulan teknologi mereka gunakan membuat tiap persoalan yang dihadapi bisa segera diselesaikan.

Imbasnya adalah kepuasan konsumen terjaga, perusahaan tumbuh pesat dan omzet penjualan bertambah dan reputasi layanan yang dimiliki secara otomatis meningkat secara dahsyat. Kerja tim yang hebat membuat perusahaan selalu punya energi hingga tiap upaya hitam dari kompetitor selalu bisa diatasi tanpa menyakiti hati.

7. Memanusiakan pelanggan. Perusahaan hosting yang bereputasi selalu menjaga nama baiknya , namun mereka tak akan menutup mata ketika ada kelemahan yang diungkap oleh konsumen atau ketika konsumen tidak mendapatkan kepuasan sebagaimana yang dijanjikan.

Mereka mengutamakan pelayanan dengan menempatkan pelanggan sebagai manusia dan melayani klien dengan cara yang manusiawi. Mereka telah belajar bahwa pelayanan pada pelanggan tak bisa dilakukan melalui bantuan robot, karena robot tak punya perasaan dan bisa membuat jawaban yang diberikan salah sasaran.

Demikianlah analisis saya mengenai beberapa cara perusahaan hosting raksasa dalam membangun reputasi. Satu hal penting yang perlu dicatat, mereka selalu konsisten dan membuat rencana untuk memberi manfaat pada orang lain. Mereka yakin jika motif awalnya adalah untuk mengeruk keuntungan maka bisnisnya akan gagal dan semua keuntungan yang dicapai akhirnya hilang tanpa bekas.

Semoga bermanfaat dan jika anda merasakan manfaat nyata atas analisis sederhana ini jangan lupa untuk membagikannya pada yang lain melalui facebok, twitter atau situs jejaring sosial lainnya. Terima kasih atas kunjungan anda