Pertumbuhan perusahaan web hosting Indonesia

Rasanya cukup menggembirakan ketika kita tahu pertumbuhan dan perkembangan perusahaan hosting di Indonesia dari masa ke masa. Bukan saja kalangan pebisnis yang merasa diuntungan dengan tingkat pertumbuhan yang positif itu, namun juga end user atau pengguna akhir akan lebih punya pilihan dalam menyewa web hosting.

Meski tak ada angka akurat yang menggambarkan bagaimana tingkat pertumbuhan yang terjadi, namun tiga analisis berikut bisa menjadi bahan rujukan sebagai pembanding atas pemanfaatan internet di Indonesia dalam 15 tahun terakhir. Inilah 3 analisis itu :

A. Pertumbuhan pada rentang 2000 – 2005. Pada periode ini belum banyak pengguna yang mengenal apa itu hosting ataupun domain. Pemanfaatan layanan tersebut masih terbatas pada kalangan tertentu , didominasi oleh kelas menengah ke atas yang sudah melek dengan teknologi informasi. Namun jumlah pengguna terus meningkat sejalan dengan tumbuhnya pengguna layanan digital.

B. Pertumbuhan perusahaan hosting pada rentang 2005 – 2010. Masyarakat pengguna internet meningkat tajam, bukan hanya kalangan menengah ke atas, namun makin banyak orang yang terhubung secara online di internet. Hal ini memancing kalangan pebisnis untuk lebih fokus pada dunia online dengan membangun website baru yang lebih komunikatif.

Di periode ini kebutuhan hosting bertambah besar, sementara jumlah pemain bisnisnya terus bertambah, baik mereka yang bertindak sebagai reseller ataupun dengan mendirikan perusahaan secara resmi.

C. Pertumbuhan perusahaan hosting pada rentang 2010 – 2018. Cukup mencengangkan dan menakjubkan. Sebab perusahaan web hosting luar negeri mulai memperkuat pasarnya dengan promosi besar besaran. Mereka tahu bahwa pasar hosting di Indonesia tumbuh sangat cepat dan menawarkan kesempatan luar biasa .

Praktis perusahaan hosting lokal pun harus siap bersaing dengan mereka agar pelanggan tidak kabur karena keunggulan yang ditawarkan kompetitor manca negara. Memang ada satu istilah kalau kita sering kalah, namun itu sama sekali tidak benar, karena sejatinya perusahaan hosting di Indonesia juga punya keunggulan yang tak akan pernah disamai oleh perusahaan asing. Utamanya adalah bahwa penyedia hosting lokal akan lebih memahami budaya orang orang Indonesia dibanding perusahaan asing.

Lalu bagaimana tingkat pertumbuhan yang akan terjadi pada 5 tahun ke depan atau 10 tahun yang akan datang? Manusia hanya bisa menduga, namun dipastikan tingkat persaingan akan lebih tajam. Hanya perusahaan yang siap saja yang akan tetap bertahan dari kerasnya persaingan.

Perusahaan hosting yang hanya mencari keuntungan sesaat maka dipastikan hanya tinggal namanya atau masih ada cuma sudah ditinggal oleh para pelanggan setianya dimasa lalu. 5 hingga 10 tahun yang akan datang bukan hanya menentukan masa depan, namun juga menjadi daya pembeda antara satu perusahaan hosting berkualitas dengan mereka yang kurang memenuhi standar.

Satu harapan mulia yang kita inginkan adalah bahwa perusahaan hosting di indonesia harus tetap eksis, lebih tangguh dan tak pernah kalah saat harus beradu strategi dengan penyedia hosting dari manca negara. Semua perlu disiapkan dari sekarang, karena sudah sepantasnya negara sekaya Indonesia tak hanya menjadi pasar web hosting, namun bisa berdiri dengan kemandirian terbaik untuk melayani calon pelanggan di berbagai wilayah di dunia. Terima kasih atas kesediaan anda membaca ulasan singkat ini.