Perbedaan dedicated server vps dan shared hosting

Bagaimana perbedaan yang sesungguhnya antara dedicated server dengan shared hosting ataupun saat dibandingkan dengan virtual private server? Uraian admin kali ini akan difokuskan dalam mengupas sisi perbedaan yang terdapat pada tiga layanan web hosting di atas. Mari kita lanjutkan dengan pikiran santai agar tak pernah berhenti sebelum titik akhir tulisan ini.

Dedicated server agar lebih mudah dipahami maka sebaiknya kita pisahkan menjadi dua kata, yaitu dedicated dan server. Pemisahan ini penting agar kita tidak terjebak pada kebingungan akibat munculnya bermacam macam pengertian. Dedicated merupakan kata sifat yang berasal dari akar kata dedicate. Dalam kamus bahasa Inggris, dedicate secara sederhana bisa diterjemahkan dalam beberapa pengertian seperti berikut ini :

# membuat pengaturan secara terpisah yang sifatnya istimewa atau mengistimewakan sesuatu karena dianggap sangat penting dengan tujuan tertentu.

#Mencurahkan semua energinya pada suatu kegiatan dengan tujuan tertentu yang terdefinisi secara jelas.

#menawarkan secara resmi dengan penuh kehormatan pada seseorang/pihak tertentu atau bentuk tawaran yang paling spesial dibanding tawaran yang diberikan pada orang lain

#Ruang yang longgar, yang bisa digunakan untuk menempatkan sesuatu dalam bentuk tulisan, misalnya tanda tangan dan hanya satu orang yang bisa membuat tanda tangan di tempat tersebut.

Woi… tampaknya ribet juga padanan artinya ya, namun itu sangat penting sebagai pengantar agar kita semua tidak terjebak pada ketidakjelasan arti. Lalu bagaimana dengan makna dari ‘dedicated’ itu sendiri? Terjemahan sederhana yang dikemukakan oleh pakar bahasa asing menjelaskan maknanya seperti ini :

#Dedicated diartikan sebagai tindakan sepenuhnya dalam menjaga komitmen untuk sesuatu yang sangat ideal atau menjadi tujuan pribadi secara total. Contoh hal yang menggambarkan hal ini adalah ketika ada frasa dokter yang berdedikasi tinggi pada penyakit jantung.

#Dedicated mengandung arti dipisahkan atau disediakan untuk penggunaan tertentu dengan tujuan yang sangat spesifik.

#Dedicated mengandung arti sebagai bagian dari mesin, komponen listrik, perangkat keras, dll) yang dibuat atau dirancang untuk menghubungkan secara eksklusif dengan satu model atau rentang yang terbatas model sejalan pabrikan. Contoh: PC terbaru menggunakan memory khusus dengan kualitas tinggi.

Oke, kita lanjutkan dengan menggali pengertian dari kata server. Server yang dipakai oleh perusahaan hosting adalah sistem komputer yang menyajikan layanan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Untuk menjalankan fungsinya, server mendapatkan dukungan prosesor yang bersifat scalable dan dilengkapi dengan sistem operasi khusus. Sistem operasi khusus yang dimaksud kemudian dikenal dengan nama sistem operasi jaringan atau network operating system.

Secara umum pada ‘sistem operasi server’ terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Aplikasi populer yang biasanya ada diantaranya adalah Mail Server, HTTP Server, FTP Server, DNS Server,DHCP Server dan lain sebagainya.

Server yang dipakai oleh perusahaan hosting bukan sekedar untuk menyimpan data offline, namun juga agar data tersebut bisa diakses secara online oleh siapa saja yang telah terhubung melalui jaringan internet. Dari sinilah kemudian perusahaan hosting menyajikan layanan khusus yang sangat istimewa dengan nama dedicated server.

Dengan kata lain dedicated server itu merupakan salah satu tipe server hosting yang disewa oleh seorang klien sebagai tempat penitipan data atau file situs web. Perusahaan hosting kemudian menempatkannya secara khusus pada sebuah server fisik.Lalu fisik server yang disewakan secara khusus inilah yang banyak disebut orang sebagai dedicated server.

Seorang yang menyewa layanan dedicated server seperti memiliki server sendiri, karena dia bebas mengubah, mengatur, mengelola dan menghapus layanan sesuai kebutuhan dengan kontrol penuh. Seorang pengguna dedicated server seperti sedang berada di depan monitor komputernya sendiri. Dia bebas mengubah, menghidupkan ,mematikan dan mengambil tindakan tindakan lainnnya.

Terus bagaimana dengan virtual private server? Layanan ini mirip dengan dedicated. Bedanya adalah dalam satu server dipakai oleh beberapa pengguna/klien, meski tiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna tak akan bisa saling mempengaruhi. VPS mirip dengan kamar kamar yang ada di dalam rumah. Jika dedicated server diibaratkan seperti satu rumah yang utuh, maka vps adalah kamar kamar yang berdiri sendiri.

Mirip dengan penyewa kamar di suatu hotel. Orang yang menyewa kamar 11 tak akan bisa mempengaruhi tamu yang menyewa kamar 8. Atau sebaliknya semua aktivitas tamu yang ada di kamar 8 tidak berpengaruh pada orang yang sedang tertidur pulas di kamar 11. Sementara hotel bisa digambarkan sebagai dedicated server.

Jelasnya penyewa vps seolah olah mempunyai server sendiri yang kualitasnya hampir sama dengan dedicated server. Namun ruangnya cukup terbatas, karena bagaimanapun kamar akan selalu lebih kecil dibandingkan ukuran rumah secara keseluruhan.

Terus bagaimana dengan shared hosting? Share hosting juga berhubungan dengan gambaran di atas. Mari kita kembali ke hotel tersebut. Sekarang masih ada kamar yang kosong di nomor 19, oleh pihak hotel, kamar itu biasanya diperlakukan secara berbeda. Bahkan bentuknya saja beda, sebab tak ada pintu, fasilitas tempat tidur pun hanya memakai kasur biasa yang saling berjajar. Lebih tepatnya disebut sebagai kamar besar.

Kamar nomor 19 ini biasanya diisi oleh lebih dari satu orang. Bahkan tak ada batasan, siapa saja bisa menyewa kamar ini meski sudah ada penghuninya. Orang suka menyewa kamar ini karena harganya murah dan mereka bisa menginap beberapa hari.

Masalah kemudian muncul ketika datang tamu baru. Sebagian ada yang membawa koper besar , tas besar dan barang barang bawaan lainnya. Lama kelamaan kamar itu pun jadi terasa sangat sempit, sebab ruang sudah bertambah penuh.

Belum lagi kalau ada yang kentut dengan bau tak sedap, tidur mendengkur dan tidak mandi. Maka persoalan di kamar 19 jadi sangat komplek, untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih baik, sebagian kemudian menyewa kamar yang lebih mahal sebagaimana yang dilakukan oleh tamu yang menempati kamar 8 atau 11 di atas.

Terus bagaimana dengan posisi perusahaan hosting? Perusahaan hosting yang kredibel seperti seorang yang mempunyai banyak hotel (satu hotel=1 dedicated server yang disewakan) . Ia pebisnis besar yang mampu merancang dan memelihara tiap server agar terus bekerja. Dia punya banyak produk yang berbeda beda dengan target berbeda pula.

Sebagian perusahaan hosting memiliki data center sendiri atau sebagian juga menempatkannya pada data center pihak ketiga. Untuk penyedia hosting yang ada di Indonesia ataupun dunia rata rata belum membangun data center secara mandiri alias masih menitipkan pada pusat data pihak lain. Lokasi data center Indonesia umumnya ada di Jakarta , seperti data center milik indosat.

Setelah kita mendapatkan gambaran kasar letak perbedaan diantara dedicated, vps dan shared hosting, kira kira mana yang paling bagus untuk dipilih? Jawaban utama bukan atas pertimbangan orang lain, namun disesuaikan dengan kebutuhan dan harapan yang kita miliki.

Jika anda mengelola website yang belum tumbuh begitu besar atau masih dalam tahap pengembangan maka shared hosting unlimited masih bisa menampung traffic yang ada. Ketika website anda tumbuh menjadi lebih besar dan punya banyak kunjungan maka anda akan merasakan performa yang menurun pada kecepatan situs atau malah situs sering kali down.

Solusi yang cukup bijak biasanya dengan berpindah pada paket vps atau pindah ke tempat yang tidak berdesak desakan supaya tak kena efek bau kentut yang mengganggu. Saat anda mulai menyewa vps maka beberapa kebebasan bisa dirasakan, anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa suara bising orang orang yang ngrumpi di sebelahnya.

Menyewa vps bukan tanpa masalah, karena semua orang yakin tak ingin terus terusan berada pada ruang yang sempit mesti sudah tidak perlu berdesak desakan. Lama kelamaan penywa vps pun mengalami kejadian sebagaimana yang menimpa pengguna shared hosting, utamanya ketika situs terus tumbuh dan tingkat kunjungan mengalami peningkatan.

Anda pun akhirnya ingin mempunyai sumber daya yang lebih besar, anda tak mau lagi memakai layanan terbatas dan ingin memakai semua sumber daya dengan menyewa dedicated server. Memang dilihat dari segi biaya akan jauh lebih tinggi dan kemampuan untuk pengelolaan pun tak semua orang bisa menguasainya.

Artinya tidak sembarang orang bisa memakai dedicated server meski mereka punya kemampuan dari sisi keuangan untuk menyewa. Namun ini bukanlah masalah, jangan sampai kita menunda pakai dedicated server hanya karena tak mampu mengelolannya sendiri. Jika kita memang tak bisa , pasti ada orang lain yang sudah bisa, mengapa kita tidak menjalin kerja sama dengan mereka yang sudah ahli?

Maka saat anda melakukan order untuk layanan dedicated server juga perlu diperhatikan, apakah paket tersebut merupakan managed dedicated server atau unmanage dedicated server. Jika paket yang anda sewa adalah managed itu artinya paket instan atau siap pakai. Penyedia hosting berarti sudah membantu berbagai pekerjaan yang cukup rumit sebelum akhirnya paket bisa digunakan.

Sementara untuk layanan unmanage dedicated server maka instalasi dan pengaturan akan diserahkan secara mandiri kepada anda. Anda bisa memilih paket unmanage jika merasa bisa melakukan pekerjaan sendiri tanpa bantuan tim teknis penyedia hosting. Namun kalau anda ragu atau masih setengah tengah maka pilihlah paket dedicated server siap pakai agar tidak menghadapi berbagai macam kerumitan yang cukup menyulitkan di awal.

Khusus untuk orang yang baru menyewa dedicated server maka jauh lebih praktis dengan memilih managed dedicated server, anda akan dikenakan biaya tambahan untuk instalasi, yang besarnya akan berbeda beda di tiap perusahaan hosting. Pada paket managed dedicated server, tim teknis akan melakukan pekerjaan seperti :

* Instalasi cpanel/whm

* Instalasi CSF/firewal

* Membantu migrasi situs dari server lama anda dengan catatan server lama

* Optimalisasi server

* Restore backup file jika anda membeli layanan backup

* Remot restart

* Instalasi mod_security

* Instalasi software tambahan jika diperlukan

* Bantuan jika ada masalah

* Monitoring server 24 jam

Serta pekerjaan lain yang bisa anda konsultasikan secara langsung setelah melakukan pemesanan. Kuncinya adalah adanya komunikasi yang baik dengan tim teknis, makanya tidak terlalu aneh jika orang Indonesia sebaiknya juga menyewa dedicated server yang ditawarkan oleh perusahaan lokal.

Begitu juga kalangan pebisnis di Amerika/Manca negara, mereka juga hampir tak mau pakai dedicated server yang ada di negara lain, mereka bangga dengan produknya sendiri, sayangnya kadang kita tak bangga dengan produk yang ditawarkan oleh putra putri bangsa, karena dianggap kualitasnya tidak bagus, padahal layanan dedicated server di Indonesia juga sudah setara dengan layanan dari perusahaan asing.

Bagaimana dengan pembaca, apakah juga punya rencana untuk pakai dedicated server Indonesia? Satu harapan admin semoga ulasan ini berguna dan anda bisa berbagi melalui social media tetapi admin tidak memperkenankan copy paste ( anda bisa membaca kebijakan DMCA). Jika anda punya website yang berkaitan dengan hosting maka Anda bisa menautkan link tersebut ke situs ini agar otoritas situs web anda pun lebih relevan dan bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih.