Peluang bisnis hosting domain prospek tantangan

Bagaimana prospek bisnis web hosting di Indonesia, apakah masih secerah mentari yang muncul di tengah tengah kebahagiaan hati? Untuk saat ini peluang usaha webhosting masih cukup menjanjikan, bahkan bisnis ini menawarkan kemudahan jika dilihat dari segi sistem yang dijalankan dibanding usaha lainnya di internet.

Ditengah meredupnya usaha jualan pulsa elektronik atau produk lain yang sudah mengalami kejenuhan, usaha hosting masuk sebagai salah satu prospek seperti seorang gadis yang sedang berbunga bunga hatinya. Ia merasa sangat bahagia, karena pria yang telah lama dikaguminya menyatakan rasa cinta dan ingin menjalin hubungan lebih dari seorang sahabat.

Peluang usaha hosting memang masih menawarkan prospek manis dan romantis, utamanya ketika anda berencana membangun bisnis tersebut di Indonesia. Beda cerita ketika target utama anda negara negara yang sudah lebih terjun di bisnis ini, maka bisa dipastikan anda akan sangat berat melawan kekuatan mereka.

Bisa bisa anda hanya akan kehabisan modal dan terlempar dari persaingan.Saya yakin bahwa anda tak ingin mengalami kekalahan dan kehilangan modal secara sia sia, beberapa pelaku bisnis hosting sukses memberikan 7 hal unik yang bisa anda maksimalkan supaya usaha web hosting yang dibangun tidak sekedar penggembira di pasar Indonesia. Inilah saran penting mereka :

Pertama, peluang usaha hosting tak akan mendapatkan keuntungan apa apa ketika tidak didukung dengan kemampuan menjual produk. Perusahaan hosting yang lebih dulu berdiri tidak membuat perencanaan yang ribet, sebagian memulai usahanya dari kamar tidur dengan bekal satu komputer , akses internet dan sedikit perangkat pendukung.

Mereka belajar menjual dan meyakinkan calon pelanggan tidak dengan memuji layanannya sendiri, namun mereka menawarkan hal hal yang dibutuhkan oleh calon pengguna. Tak ada perusahaan hosting sukses yang mengaku sebagai yang terbaik, karena itu mirip perbuatan anak kecil yang berteriak teriak dihadapan temannya.

Yang mereka lakukan adalah berusaha menjalankan suatu seni dalam menjual dengan tawaran meyakinan, obyektif dan berguna bagi para pebisnis di internet tanpa menyelipkan kebohongan yang direncanakan dikemudian hari.

Kedua, peluang bisnis web hosting tak akan bisa diubah menjadi uang ketika anda hanya membuat website tanpa memasarkan website hosting yang anda miliki. Pebisnis hosting yang sudah berhasil tak hanya diam setelah website mereka jadi, karena mereka sadar calon pelanggan tak akan secara otomatis menemukan situs mereka kalau mereka tak pernah mengenalkannya.

Ketiga, bisnis hosting dan domain sebaiknya diletakkan pada satu sistem. Penjualan hosting dan domain ibarat dua mata uang, orang yang mempunyai domain pasti membutuhkan hosting, sebaliknya membeli hosting hampir tak mungkin ketika tak ada domain. Bahkan bisa sangat aneh kalau orang hanya membeli hosting saja sementara dirinya tak punya domain.

Keempat, prospek usaha web hosting hanya bisa diubah menjadi aliran uang otomatis setelah sistem yang anda bangun mendapatkan kepercayaan tinggi dari pelanggan setia. Sebagian orang gagal menjalankan bisnis penjualan hosting, karena mereka hanya mampu mendatangkan pembeli, namun setelah kontrak habis, pembeli pindah ke tempat lain dan melupakan perusahaan anda.

Memiliki 100 pelanggan setia masih lebih baik dibandingkan dengan memimpikan 9000 pelanggan baru atau merayu jutaan pelanggan baru yang belum jelas apakah mereka percaya dengan anda atau tidak. Perusahaan web hosting sukses akan berusaha keras untuk memanjakan tiap pelanggan dengan satu tujuan mereka tetap setia dan menjalin kontrak jangka panjang dengan produk yang dibelinya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penyedia hosting sukses akan memberikan tawaran istimewa , dimana tawaran tersebut hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan lama dan terus menambah keunggulan untuk mempersempit kesempatan klien kabur ke tempat lain. Minimal anda sudah punya gambaran mengenai peta strategi untuk 3 atau 5 tahun dalam menjalankan bisnis ini.

Kelima, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda yang ingin memanfaatkan peluang usaha hosting harus banyak belajar untuk meningkatkan komunikasi dengan tujuan mulia. Bukan hanya berkomunikasi saat anda mengirimkan tagihan atau tambahan biaya. Komunikasi yang sifatnya personal akan meningkatkan hubungan baik dan jangan pernah semena mena dengan pelanggan, meski pelanggan itu adalah pembeli layanan terkecil harganya.

Keenam, jangan memanfaatkan prospek bisnis hosting dengan sikap kesombongan, merasa hebat dan paling memahami teknologi yang ada di bidang hosting. Kesombongan akan membentuk jarak antara anda dengan calon konsumen. Sikap dingin, respon yang masa bodoh tak akan membuat calon pembeli respek, orang yang bertanya bukan karena tak punya uang, oleh karena itu jangan menutup ruang agar tiap calon pembeli bisa bertanya.

Ketujuh, lakukan kerja sama dengan pengembang atau penyedia jasa website. Anda bisa memulai bisnis hosting dengan membangun kerja sama dengan pengembang, orang orang yang bisa menjual dan siapa saja yang anda anggap baik. Tekankan dan berikan nilai lebih pada pihak yang bisa menjual layanan anda, karena jasa hosting yang anda miliki tak akan berguna kalau tak ada yang membeli.

Menjual , menjual dan terus menjual itu jauh lebih penting ketika semua persiapan anda selesai. Tanpa penjualan maka tak akan ada keuntungan , ketika tak ada keuntungan yang masuk maka usaha hosting yang anda jalankan bisa tutup.

Itulah pandangan para pelaku bisnis hosting yang sudah lebih dulu sukses, mereka sudah merasakan pahitnya kegagalan, mereka sudah merasakan kecewa akibat jasa hostingnya tak ada yang membeli . Namun mereka mau belajar dan tidak menempatkan dirinya pada keyakinan yang over pede hingga bisnisnya tutup.

Lalu apa langkah awal yang harus dilakukan agar peluang bisnis hosting tidak hilang secara sia sia? Anda bisa memulai dengan menjadi seorang reseller hosting, tidak harus memulainya dengan paket reseller terkecil, namun pilihlah paket yang berada ditengah tengah supaya anda bisa merasakan aura persaingan lebih menantang.

Atau ambilah resiko lebih besar agar potensi penghasilan anda juga lebih tinggi, anda akan lebih termotivasi untuk sukses, karena modal sudah dikeluarkan dan tak ada pilihan lain selain harus berhasil menjual kepada calon pembeli di internet. Bagaimana sahabat, mohon dibagikan lewat facebook atau twitter ya, semoga bermanfaat dan selamat memenangkan persaingan. Terima kasih